Find Us On Social Media :

Kanker Payudara Bisa Diwariskan, Adakah Cara untuk Mencegahnya?

Ada sekitar 10 persen kasus payudara yang diturunkan dari keseluruhan kejadian.

GridHEALTH.id - Perhatian lebih terhadap penyakit kanker payudara memang sangat dibutuhkan.

Pasalnya menurut riset The International Agency for Research on Cancer yang melandasi GLOBOCAN, pada 2020 ada sekitar 2,3 juta kasus kanker payudara baru di seluruh dunia.

Sementara itu di Indonesia, kasus barunya pada 2020 ada sekitar 66 ribu dan menyebabkan kematian pada 22 ribu jiwa.

Kanker Payudara dapat Diwariskan

Tingkat kewaspadaan perlu ditingkatkan, apalagi bagi seseorang yang mempunyai anggota keluarga dengan penyakit ini.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP, mengatakan, ada sekitar 10% kanker payudara herediter.

"Kejadian kanker payudara pada perempuan di Indonesia perlu disikapi secara serius, melalui peningkatan pengetahuan tentang faktor risiko dan pencegahannya," ujarnya dalam siaran pers yang diterima GridHEALTH, Senin (20/3/2023).

Dokter Aru melanjutkan, "Kanker payudara herediter terjadi pada sekitar 10% kasus, dan hal tersebut perlu diwaspadai dan dicermati pasien, anak, keluarga secara menyeluruh, dan masyarakat."

Dokter spesialis penyakit dalam, Dr. dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD-KHOM, menjelaskan, risiko paling tinggi ada apabila penyakit ini dialami oleh kerabat pertama seperti ibu, saudara perempuan, atau anak perempuan.

Sebagai informasi, risikonya bisa menjadi dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai riwayat kanker payudara dalam keluarga.

"Risiko kanker payudara herediter dapat meningkat jika terdapat kerabat tingkat pertama seperti ibu, saudara atau anak yang terkena kanker payudara pada usia muda," kata dokter Nadia.

Ia menambahkan, "Mempunyai riwayat keluarga dengan kanker payudara pada kerabat dekat menjadi alasan tepat untuk segera berkonsultasi dengan dokter."

Baca Juga: Deteksi Dini Kanker Payudara, Peluang Sembuh Lebih Tinggi Hingga Cegah Kekambuhan