Find Us On Social Media :

Jelang Lebaran, BPOM Temukan Produk Ikan Makarel Palsu Hingga Kopi Mengandung BKO

Produk ikan makarel palsu dan juga kopi berbahan kimia obat yang ditemukan BPOM.

GridHEALTH.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membagikan hasil dari Pengawasan Rutin yang dilakukan selama Ramadan dan jelang lebaran 2023.

Pengawasan ini dimaksudkan untuk melindungi masyarakat dari produk pangan yang berbahaya ataupun tidak memenuhi standar.

Kepala BPOM Penny K. Lukito, dalam konferensi pers 'Hasil Pengawasan Rutin Khusus Pangan Ramadan dan Jelang Hari Raya Idulfitri 1444 H/Tahun 2023', di Jakarta, Senin (17/4/2023), menyampaikan pengawasan telah dilakukan sejak 13 Maret dan akan berakhir pada 19 April.

Adapun ketentuan yang menjadi acuan dalam pengawasan pangan ini yakni berkaitan dengan izin edar, tanggal kedaluwarsa, hingga rusak atau tidaknya sebuah produk.

Per tanggal 6 April, sudah dilaksanakan di 2.600 sarana peredaran, 12 gudang importir, 11 gudang e-commerce, 330 gudang distributor, dan 2.200 lebih sarana retail.

Ia menjelaskan, bahwa sejauh ini persentase produk yang tidak memenuhi syarat mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Hasil yang didapatkan adalah sekitar 28% ditemukan produk tidak memenuhi ketentuan," ujarnya.

Menariknya dalam pengawasan pangan jelang lebaran kali ini, BPOM menemukan produk ikan makarel yang dipalsukan dan juga kopi yang mengandung bahan kimia obat (BKO).

Produk Ikan Makarel Palsu

Dalam kesempatan itu, Penny mengatakan bahwa pihaknya menemukan produk ikan makarel yang dipalsukan.

"Hati-hati pada saat membelinya. Kita menemukan ikan makarel kaleng yang dipalsukan," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa yang terkandung dalam produk makanan kaleng tersebut merupakan ikan.