Find Us On Social Media :

Apakah Sering Mengantuk Tanda Kadar Gula Darah Tinggi?

Ketahui apakah sering mengantuk memang tanda kadar gula darah Anda tinggi.

GridHEALTH.id - Sering merasa mengantuk atau lelah adalah gejala yang umum dan dapat terjadi pada siapa saja.

Namun, pada beberapa orang, sering merasa mengantuk dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kadar gula darah yang tinggi.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Artikel ini akan membahas apakah sering mengantuk adalah tanda dari kadar gula darah yang tinggi dan bagaimana cara mengatasi masalah ini.

Kadar gula darah yang tinggi atau hiperglikemia dapat menyebabkan gejala seperti sering merasa haus, sering buang air kecil, kulit yang gatal, dan kelelahan.

Kadar gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan gejala lain seperti pandangan kabur, kesemutan di kaki atau tangan, dan luka yang sulit sembuh.

Sering mengantuk juga dapat menjadi gejala dari kadar gula darah yang tinggi.

Saat kadar gula darah naik, tubuh mengeluarkan insulin untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Namun, jika tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif, maka kadar gula darah dapat meningkat.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, yang dapat menyebabkan seseorang merasa lelah atau mengantuk.

Namun, sering merasa mengantuk juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor lain seperti kurang tidur, stres, dan aktivitas fisik yang berlebihan.

Baca Juga: 5 Tanda Masalah Rongga Mulut yang Berkaitan dengan Diabetes, Ini Penjelasannya