Find Us On Social Media :

Tips Hadapi Cuaca Panas dari Kemenkes, Waspada Terhadap 7 Hal Ini

Menghadapi cuaca panas dengan perbanyak minum air.

GridHEALTH.id - Belakangan cuaca di beberapa kota di Indonesia memang terbilang cukup panas.

Dwikorita Karnawati selaku Kepala Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, kondisi ini berkaitan dengan fenomena gerak semu matahari. Ini merupakan siklus yang umum dan biasa terjadi setiap tahun.

Berdasarkan indikator statistik suhu kejadian, suhu maksimum yang tercatat oleh BMKG sekitar 37,2 derajat Celsius di Ciputat pada 17 April 2023 lalu.

"Suhu tinggi tersebut sudah turun dan kini suhu maksimum teramati berada dalam kisaran 34 hingga 36 derajat Celsius di beberapa lokasi. Variasi suhu maksimum 34 derajat Celsius - 36 derajat Celsius untuk wilayah Indonesia masih dalam kisaran normal klimatologi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata Dwikorita dikutip dari Kompas (25/4/2023).

"Secara klimatologis, dalam hal ini untuk Jakarta, bulan April-Mei-Juni adalah bulan-bulan di mana suhu maksimum mencapai puncaknya, selain Oktober-November," jelasnya.

Tips Menghadapi Cuaca Panas

Terkait kondisi yang sedang dihadapi oleh masyarakat saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memberikan beberapa tips agar bisa tetap sehat dan beraktivitas dengan nyaman saat berada di luar ruangan.

"Memang cuaca panas beberapa hari ini dan ke depan sedang tidak biasa. Untuk itu mari kita ikuti tips agar terhindar dari dampak cuaca panas ketika sedang atau berada di luar ruangan," kata juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam siaran pers, Selasa (25/4/2023).

Adapun tips untuk menghadapi cuaca panas yang diberikan oleh Kemenkes antara lain.

1. Jangan tunggu haus, cegah dehidrasi dengan minum air yang banyak

2. Hindari minuman-minuman manis, berkafein, minuman berenergi, ataupun alkohol

3. Gunakan topi atau payung untuk menghindari kontak langsung dengan matahari

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem, Ini 10 Minuman yang Baik Diminum Agar Tubuh Terhidrasi