Find Us On Social Media :

Inilah Waktu Terbaik untuk Mendapatkan Vaksin HPV, Jangan Sampai Terlewat

Efektivitas vaksin HPV lebih tinggi saat seseorang belum aktif secara seksual dan terpapar virus.

GridHEALTH.id - Pemberian vaksin HPV (human papillomavirus) sudah mulai dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Saat ini, pemberian vaskin HPV gratis masih ditujukan kepada anak-anak perempuan yang duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 5 dan 6 di seluruh Indonesia.

Akan tetapi menurut Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, tak menutup kemungkinan vaksin ini juga akan diberikan secara gratis kepada wanita dewasa.

"HPV mencegah kanker serviks. Programnya akan berlanjut tidak hanya kepada anak-anak, tapi seluruhnya," ujarnya dikutip dari Tribunnews, Rabu (24/5/2023).

Namun, belum ada rincian lebih lanjut terkait rencana tersebut karena dibutuhkan persiapan terlebih dahulu.

Manfaat Mendapatkan Vaksin HPV

Seperti disebutkan sebelumnya, vaksin ini bertujuan untuk menekan risiko kanker serviks pada perempuan.

Melansir laman Sehat Negeriku, kanker serviks atau leher rahim, berada di posisi kedua dari daftar penyakit kanker yang paling banyak dialami oleh wanita Indonesia.

Berdasarkan data Globocan (Global Cancer Observatory), pada 2020 terdapat 36.633 kasus kanker serviks atau 9,2% dari total kasus kanker di Indonesia.

Ini merupakan penyakit kanker yang disebabkan oleh virus human papilloma yang dapat menyebar ketika melakukan hubungan seksual.

Karena hal tersebut, kanker serviks pun menjadi satu-satunya penyakit kanker yang bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menerima suntikan vaksin HPV?

Baca Juga: Info Terkini, Vaksin HPV Kanker Serviks Gratis di Seluruh RI