Find Us On Social Media :

Pekerjaan Sulit Diselesaikan, Ternyata Ini 4 Penyebab Stres di Kantor

Berbagai faktor penyebab stres di tempat kerja.

GridHEALTH.id - Stres di kantor menyebabkan produktivitas menurun dan akhirnya membuat pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik.

Secara medis stres merupakan perasaan yang berhubungan dengan ketegangan emosional ataupun fisik.

Kondisi ini tidak hanya memengaruhi kesehatan mental, tapi juga kondisi fisik orang yang mengalaminya.

Ketika sedang stres, seseorang akan merasa pusing, kelelahan, dan juga mudah lupa. Bila dialami oleh pekerja, gejala-gejala tersebut tentu akan mengganggu pekerjaan.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui hal yang menjadi penyebab stres itu sendiri.

Penyebab Stres di Tempat Kerja

Dilansir dari laman Champion Health, berikut adalah beberapa penyebab umum seseorang mengalami stres di kantor.

1. Beban kerja yang berlebih

Dari survei Workplace Health Report 2023 yang mereka lakukan, sekitar 73% orang-orang yang mengalami masalah kesehatan mental ini mempunyai beban kerja yang berlebih.

Jika volume pekerjaan atau tenggat waktu berada di luar kemampuan, hal itu kemungkinan besar akan membuat diri tertekan.

2. Kurang kontrol

Stres sangat terkait dengan presepsi kontrol dan ini menjadi pemicu stres di kantor kedua. Sekitar 31% orang diketahui mengalaminya.

Stres karena pekerjaan semakin memburuk saat merasa tidak punya kendali terhadap beberapa hal penting seperti proses kerja, pengambilan keputusan, dan target kinerja.

3. Lingkungan kerja toxic

Lingkungan yang toxic biasanya dikaitkan dengan situasi dramatis sehari-hari. Misalnya tidak ada ketertiban dan perilaku disfungsional oleh rekan kerja atau atasan.

Baca Juga: Kenali 5 Ciri-ciri Pertemanan Toxic dan Efeknya Bagi Kesehatan Mental