Find Us On Social Media :

Pekerjaan Sulit Diselesaikan, Ternyata Ini 4 Penyebab Stres di Kantor

Berbagai faktor penyebab stres di tempat kerja.

GridHEALTH.id - Stres di kantor menyebabkan produktivitas menurun dan akhirnya membuat pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik.

Secara medis stres merupakan perasaan yang berhubungan dengan ketegangan emosional ataupun fisik.

Kondisi ini tidak hanya memengaruhi kesehatan mental, tapi juga kondisi fisik orang yang mengalaminya.

Ketika sedang stres, seseorang akan merasa pusing, kelelahan, dan juga mudah lupa. Bila dialami oleh pekerja, gejala-gejala tersebut tentu akan mengganggu pekerjaan.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui hal yang menjadi penyebab stres itu sendiri.

Penyebab Stres di Tempat Kerja

Dilansir dari laman Champion Health, berikut adalah beberapa penyebab umum seseorang mengalami stres di kantor.

1. Beban kerja yang berlebih

Dari survei Workplace Health Report 2023 yang mereka lakukan, sekitar 73% orang-orang yang mengalami masalah kesehatan mental ini mempunyai beban kerja yang berlebih.

Jika volume pekerjaan atau tenggat waktu berada di luar kemampuan, hal itu kemungkinan besar akan membuat diri tertekan.

2. Kurang kontrol

Stres sangat terkait dengan presepsi kontrol dan ini menjadi pemicu stres di kantor kedua. Sekitar 31% orang diketahui mengalaminya.

Stres karena pekerjaan semakin memburuk saat merasa tidak punya kendali terhadap beberapa hal penting seperti proses kerja, pengambilan keputusan, dan target kinerja.

3. Lingkungan kerja toxic

Lingkungan yang toxic biasanya dikaitkan dengan situasi dramatis sehari-hari. Misalnya tidak ada ketertiban dan perilaku disfungsional oleh rekan kerja atau atasan.

Baca Juga: Kenali 5 Ciri-ciri Pertemanan Toxic dan Efeknya Bagi Kesehatan Mental

Berhadapan dengan situasi ini bisa menimbulkan stres, apalagi jika hal ini berhubungan dengan satu orang tertentu.

Ini diawali dengan perasaan tidak nyaman saat harus berbicara dengan rekan kerja. Bila terus berlanjut, maka lama-kelamaan akan menyebabkan stres dan kurangnya produktivitas selama kerja.

4. Kurangnya keamanan kerja

Ini juga bisa menjadi penyebab stres yang dialami seseorang di tempat kerja.

Pasalnya, bekerja bukan hanya cara untuk mencapai kepuasan atau kebahagiaan, tapi juga cara untuk mendapatkan uang, membayar tagihan, dan lainnya.

Jadi, sangat wajar bila merasa tak aman dan akhirnya stres, apabila tidak ada kepastian apakah bisa mendapatkan gaji berikutnya atau tidak. 

Cara Mengatasi Stres

Stres yang dirasakan oleh para pekerja seringkali diabaikan. Padahal, ini bila tidak bisa tertangani dapat menyebabkan burnout dan berdampak buruk bagi kesehatan maupun performa di kantor.

American Psychological Association membagikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola kondisi ini.

* Tetapkan batasan: Bisa dilakukan dengan menghindari membuka email atau apapun yang berkaitan dengan pekerjaan saat berada di rumah. Menciptakan batasan yang jelas akan mengurangi potensi konflik kehidupan kerja dan stres yang menyertainya.

* Luangkan waktu untuk pulih: Untuk menghindari efek negatif, perlu waktu untuk memulihkan diri dan kembali ke tingkat fungsi pra-stres. 

Dilakukan dengan cara tidak terlibat dalam aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan atau memikirkan tentang pekerjaan.

* Rileksasi: Lakukan teknik rileksasi seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, dan mindfulness karena ini dapat membantu meringankan tekanan stres. (*)

Baca Juga: Stres Akibat Putus Cinta Pengaruhi Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Mengatasinya