Find Us On Social Media :

Tak Hanya untuk Pewarna Makanan, Inilah Berbagai Manfaat Mengonsumsi Kunyit

Manfaat mengonsumsi kunyit setiap hari untuk tubuh.

GridHEALTH.id - Kunyit (Curcuma longa) adalah tumbuhan yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Asia, terutama di India dan Cina.

Selain digunakan sebagai bumbu dalam masakan, kunyit juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang telah terbukti melalui penelitian ilmiah.

Manfaat Luar Biasa Kunyit untuk Kesehatan

Tak hanya membuat makanan menjadi warna kuning dan masakan lebih lezat, berikut adalah manfaat mengonsumsi kunyit yang wajib diketahui.

1. Sifat anti-inflamasi

Salah satu manfaat utama kunyit adalah sifat anti-inflamasinya. Senyawa aktif yang disebut kurkumin dalam kunyit memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Hal ini dapat bermanfaat bagi individu dengan kondisi inflamasi kronis seperti arthritis, penyakit inflamasi usus, atau penyakit jantung.

2. Perlindungan antioksidan

Kunyit juga dikenal sebagai antioksidan alami. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi terhadap penuaan dan penyakit kronis.

Kurkumin dalam kunyit dapat membantu meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh dan memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat mengonsumsi kunyit yang lainnya yakni berdampak positif bagi saluran pencernaan.

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan seperti gangguan perut, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.

Senyawa kurkumin dalam kunyit dapat membantu meredakan peradangan dalam saluran pencernaan dan merangsang produksi empedu, yang berperan dalam pencernaan lemak.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah, Resep Ramuan Herbal Kunyit Putih Bantu Atasi Asam Lambung Naik