Find Us On Social Media :

4 Kasus Obesitas Ekstrem di Indonesia, Mengintai Bayi Hingga Lansia

Obesitas menjadi awal dari penyakit kronis.

GridHEALTH.id - Obesitas merupakan masalah kesehatan yang dapat menjadi awal munculnya berbagai penyakit tidak menular (PTM), seperti diabetes.

Di Indonesia, prevalensi atau angka kejadian obesitas terbilang cukup tinggi.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, menunjukkan angka sekitar 21,8 persen untuk obesitas di Indonesia.

Itu menunjukkan adanya kenaikan dari Riskesdas tahun-tahun sebelumnya, contohnya pada Riskesdas 2013 sekitar 14,8 persen.

Di Indonesia, terdapat sejumlah kasus obesitas yang menghebohkan. Tak hanya terjadi pada orang dewasa, kondisi ini juga ditemui pada anak-anak.

Kasus Obesitas di Indonesia

Berikut beberapa catatan kasus berat badan berlebih yang terjadi di Tanah Air dan diharapkan bisa dijadikan sebagai pelajaran.

1. Bayi Kenzi, 27 kilogram

Pada awal 2023 ini, Kenzi bayi yang saat itu berusia 16 bulan asal Bekasi, Jawa Barat, menjadi sorotan karena bobot tubuhnya yang mencapai 27 kilogram.

Sang Ibu, Pitriyah (40), mengatakan kalau berat badan putranya mengalami kenaikan berat badan saat berusia 6 bulan.

Akibat bobotnya yang berlebih, Kenzi sempat hanya bisa duduk dan berbaring. Sedangkan berjalan seperti teman-teman seusianya, sulit dilakukan.

Kabar terakhir, dikutip dari Kompas (12/3/2023), berat badan Kenzi sudah mengalami penurunan dan menuju ideal setelah menjalani perawatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

2. Arya Permana, 192 kilogram

Jika kembali pada pertengahan 2016, masyarakat dihebohkan dengan kisah bocah obesitas Arya Permana asal Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga: Waspadai! Ternyata Tidur Sore Punya Bahaya untuk Kesehatan Mulai dari Gangguan Mental hingga Obesitas