Find Us On Social Media :

Setiap Bulan Rasakan Nyeri Haid? Redakan dengan Pijat Titik Ini

Titik pijat nyeri haid yang ada di tangan hingga kaki.

GridHEALTH.id - Menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh seorang wanita. 

Ketika datang bulan, sejumlah wanita mungkin merasakan ketidaknyamanan akibat nyeri haid atau dalam medis disebut dismenore.

Melansir Better Health, nyeri haid terjadi saat otot-otot yang ada di rahim berkontraksi atau kencang dengan kuat.

Tidak hanya nyeri, gejala yang ditimbulkan juga biasanya meliputi kram terutama di area pelvis dan rasa sakit yang konstan.

Ini sebenarnya merupakan kondisi yang normal, terjadi pada 1 hingga 2 hari jelang menstruasi atau pada hari pertama dan berakhir pada hari ketiga haid.

Untuk mengatasinya bisa dengan mengonsumsi obat pereda nyeri atau kompres hangat di sekitar perut untuk membantu otot-ototnya rileks.

Selain kedua cara tersebut, terdapat opsi lain yang juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri, yakni dengan teknik pijat akupresur.

Titik Pijat untuk Nyeri Haid

Dilansir dari Healthfab, pijat membantu menstimulasi beberapa titik di tubuh yang dipercayai berhubungan dengan siklus menstruasi dan sistem reproduksi.

Tekanan pada titik-titik ini, membantu meredakan kram menstruasi, nyeri punggung bawah, dan gejala lain yang berhubungan dengan nyeri haid.

Penelitian menunjukkan, akupresur efektif mengurangi nyeri haid, terutama saat dikombinasikan dengan cara alami lainnya seperti relaksasi dan kompres hangat.

Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang merupakan bagian dari titik pijat nyeri haid.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Wanita, Salah Satunya untuk Kesehatan Kulit