Find Us On Social Media :

Pelaksanaan Survei Kesehatan Indonesia Alasan Bulan Vitamin A Diundur, Apa Itu?

Pemberian Vitamin A untuk balita diundur hingga Oktober.

GridHEALTH.id - Bulan pemberian vitamin A kepada balita yang seharusnya dilakukan pada Agustus ini, harus diundur.

Faktor digesernya bulan Vitamin A adalah dilakukannya Survei Kesehatan Indonesia (SKI) oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Dalam Surat Keterangan (SK) Nomor GM.03.03/B/648/2023, dijelaskan bahwa SKI dilakukan sepanjang Agustus hingga September 2023.

Sehingga, diharapkan Dinas Kesehatan yang ada di Provinsi maupuan Kabupaten/Kota serta Puskesmas memundurkan pelaksanaan bulan Vitamin A.

"Kami meminta kepada Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas untuk memundurkan pelaksanaan bulan Vitamin A dari bulan Agustus 2023 menjadi Oktober 2023," bunyi surat keterangan tersebut.

Sebenarnya, apa itu SKI dan mengapa mengakibatkan perubahan jadwal pada pemberian vitamin A untuk balita?

Mengetahui Kondisi Kesehatan Masyarakat

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Survei Kesehatan Indonesia adalah sebuah riset dasar untuk mengukur indikator kesehatan masyarakat.

"SKI ini adalah riset kesehatan dasar yang mengukur indikator-indikator kesehatan seperti prevalensi penyakit, prevalensi anemia, termasuk kadar vitamin A pada anak 6-59 bulan," katanya kepada GridHEALTH, Rabu (2/8/2023).

Dikutip dari laman Sehat Negeriku, dalam pelaksanaannya SKI juga dipadukan dengan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang dilakukan satu tahun sekali.

Selain untuk mengetahui dan mengukur indikator-indikator kesehatan pada masyarkat, hasil survei ini nantinya juga akan menjadi bahan evaluasi dan masukkan untuk penyusunan RPJMN 2025-2029.

Dijelaskan, 5 dari 17 indikator RPJMN tersebut meliputi prevalensi balita stunting, prevalensi balita wasting, persentase merokok usia 10-18 tahun, prevalensi obesitas usia di atas 18 tahun, dan presentase imunisasi dasar lengkap usia 12-23 bulan.

Baca Juga: Pemberian Vitamin A untuk Balita di Posyandu Diundur, Ketahui Jadwal Terbarunya