Find Us On Social Media :

Begini Cara Tepat Makan Oatmeal, Bikin Perut Kenyang dan Tubuh Sehat

Cara sehat makan oatmeal dengan protein.

GridHEALTH.id - Seorang pengguna TikTok membagikan sebuah video tentang dirinya yang memiliki penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Dalam video yang dibagikan pada Sabtu (7/10/2023), disebutkan kalau penyakit tersebut berhubungan dengan kebiasaannya mengonsumsi oatmeal untuk sarapan.

Dilansir dari Kompas (10/10/2023), wanita bernama Carissa ini menjelaskan, merasakan beberapa gejala seperti mual dan rasa tidak nyaman di perut.

Ketidaknyamanan tersebut hilang ketika minum obat asam lambung, tapi akan muncul jika lupa mengonsumsinya.

Lantaran kondisinya yang tak kunjung membaik, wanita asal Bandung ini akhirnya melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter.

Makan Oatmeal dan Risiko Masalah Kesehatan

Dokter spesialis gizi klinik dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.G.K, menjelaskan oatmeal memiliki zat gizi yang dapat mendukung kesehatan tubuh.

Salah satunya kandungan serat yang tinggi, yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, terdapat berbagai vitamin dan mineral yang juga tidak kalah bermanfaatnya bagi tubuh.

Bagi orang yang mengalami inflammatory bowel disease (IBD), penyakit celiac, atau autoimun lainnya ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

"Karena oat sendiri kan gandum mengandung gluten, protein yang bisa membuat kesehatan terganggu terutama pada pasien misalnya dengan celiac disease, IBD, atau ada masalah dengan autoimun, biasanya mengurangi yang mengandung gluten," katanya kepada GridHEALTH, Kamis (19/10/2023).

Sementara pada orang-orang yang tidak mempunyai kondisi tersebut, konsumsi oatmeal tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat ini Bisa Bikin Anak Hiperaktif, Gandum dan Susu Termasuk