Find Us On Social Media :

Kasus COVID-19 Kembali Naik, Penanganan dan Obat yang Efektif untuk Lansia Jadi Sorotan

Ketahui obat COVID-19 untuk individu lanjut usia.

GridHEALTH.id - Belakangan ini terjadi kenaikan kasus COVID-19.

Berdasarkan informasi rilis dari Kementerian Kesehatan per tanggal 6 Desember 2023, terjadi peningkatan rata-rata kasus harian COVID-19 sebanyak 35-40 kasus.

Jumlah pasien COVID-19 yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit berkisar antara 60-131 orang.

Tingkat keterisian rumah sakit pada saat ini mencapai 0,06%, sementara angka kematian berkisar antara 0-3 kasus per hari.

Peningkatan kasus ini sebagian besar disebabkan oleh subvarian Omicron XBB 1.5, yang juga menjadi pemicu gelombang infeksi COVID-19 di Eropa dan Amerika Serikat.

Selain subvarian XBB, Indonesia juga telah mendeteksi keberadaan subvarian EG2 dan EG5.

Meskipun terjadi peningkatan, jumlah kasus saat ini masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan puncak pandemi yang mencapai 50.000 hingga 400.000 kasus per minggu.

Individu yang berusia lanjut atau lansia memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi yang lebih parah jika terinfeksi virus COVID-19.

Hal itu dikarenakan penurunan sistem kekebalan tubuh seiring bertambahnya usia sehingga tubuh lebih rentan terhadap infeksi, termasuk COVID-19.

Selain itu, lansia seringkali menghadapi risiko tinggi karena adanya penyakit penyerta atau komorbiditas seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan pernapasan, atau tekanan darah tinggi.

Keberadaan penyakit-penyakit kronis ini dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap komplikasi serius dari COVID-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat, Masyarakat Diimbau Disiplin Prokes dan Vaksinasi