Find Us On Social Media :

Cegah Penyakit Kronis, Penuhi Asupan Gizi Lengkap Keluarga Sehat

Memenuhi gizi lengkap keluarga sehat penting untuk kesehatan.

GridHEALTH.id - Pola makan dan gaya hidup sehari-hari, dapat menentukan risiko terjadinya penyakit kronis saat usia lanjut.

Penyakit kronis adalah masalah kesehatan yang berlangsung dalam kurun waktu lama, bisa sampai bertahun-tahun.

Dokter spesialis gizi dr. Vania Roswenda, Sp.GK, mengatakan penyakit kronis yang secara umum diketahui adalah gangguan metabolik.

Adapun beberapa masalah metabolik yang umum terjadi adalah darah tinggi alias hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Risiko masalah ini, ada kaitannya dengan kebiasaan makan yang buruk dan kurang memperhatikan gizi lengkap keluarga sehat.

"Biasanya penyakit itu enggak akan muncul sebelum kita usia 40 tahun ke atas. Jadi kadang-kadang orang makan fast food, gula, makanan kemasan, itu enggak akan merasakan efek apa-apa," katanya dalam GridHEALTH Talk 'Pentingnya Gizi Lengkap Keluarga Sehat', Kamis (25/1/2024).

Kemudian seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami perubahan hormon, yang membuat risiko penyakit kronis meningkat.

Ditandai dengan kadar gula darah tinggi, kolesterol dalam darah tinggi, dan tekanan darah melonjak.

"Dampaknya sangat besar tapi tidak langsung, makanya orang kalau usianya masih muda itu agak cuek, karena enggak berasa. Ngerasanya sehat, kuat aja, nanti pas tua baru keluar (tanda-tanda penyakit)," ujarnya.

Maka dari itu, menurutnya penting untuk memperhatikan kelengkapan gizi, sehingga kesehatan terjaga, sekaligus mencegah penyakit kronis.

Apa Itu Gizi Lengkap?

Gizi lengkap menurut dokter yang berpraktik di Primaya Hospital PGI Cikini, adalah gizi yang seimbang.

Baca Juga: Gizi Lengkap Keluarga Sehat: Pilihan Makanan Bernutrisi Obat Alami Flu dan Masuk Angin