Find Us On Social Media :

Zat Besi Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak, Ini Daftar Makanan untuk Penuhi Kebutuhannya

Protein hewani dan nabati makanan sumber zat besi.

GridHEALTH.id - Anemia atau kurang darah merupakan masalah kesehatan yang perlu dipehartikan, terutama pada anak-anak.

Dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 oleh Kementerian Kesehatan, ternyata 1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun mengalami anemia.

Kabar kurang mengenakannya yang lainnya, menurut The World Bank, Indonesia masuk dalam 5 negara dengan kasus anemia tertinggi di Asia Tenggara.

Pakar gizi klinik dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, salah satu faktor yang memicu anemia adalah kekurangan zat besi.

Zat besi merupakan komponen yang penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan seorang anak.

Fungsi Zat Besi untuk Tumbuh Kembang

Dokter Juwalita menjelaskan, anemia akibat kekurangan zat besi juga perlu diperhatikan bahkan sebelum anak dilahirkan.

Artinya, ibu yang sedang mengandung, sebaiknya tidak mengalami kondisi ini karena akan mempengaruhi perkembangan otak anak.

"Perkembangan otak meliputi bagaimana sel-sel otak saling membentuk jaringan, dia akan terus berlanjut. Pada periode tersebut, sangat rentan kalau kekurangan zat besi, proses itu bisa saja enggak berjalan dengan baik," kata dokter Juwalita dalam acara 'Bicara Gizi' Sarihusada, di Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

Pada awal kehidupan anak, dari sebelum dilahirkan hingga 2 tahun, zat besi juga mempunyai peran yang penting.

"Zat besi akan membentuk senyawa heme yang ada pada hemoglobin. Hemoglobin fungsinya sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sehingga sel-sel bisa menggunakan untuk metabolisme," ujarnya.

Ia melanjutkan, "Efeknya anak menjadi lebih mudah melakukan aktivitas dan lebih siap belajar, karena oksigennya juga bagus. Besi akan bergabung membentuk senyawa heme di dalam hemoglobin."

Baca Juga: Pentingnya Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Daya Tahan Tubuh, Konsumsi Makanan Ini!