Find Us On Social Media :

Kumpul di Hari Raya, Waspada Konsumsi Gula, Garam dan Lemak Berlebihan

Waspada konsumsi gula, garam dan lemak berlebihan yang tak terkendali.

GridHEALTH.id - Pada saat hari raya, kumpul keluarga dan makan besar tidak terhindarkan.

Tidak ada salahnya merayakan dan menikmati kebersamaan dengan menyantap hidangan makanan dan minuman istimewa, namun Anda perlu waspada konsumsi gula, garam, dan lemak yang berlebihan.

Konsumsi gula, garam, dan lemak merujuk pada jumlah dan jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh individu yang mengandung tingkat yang tinggi dari ketiga zat tersebut.

Ketiga zat ini adalah bagian alami dari makanan dan minuman, dan mereka memberikan rasa dan tekstur tertentu yang menyenangkan dalam produk makanan.

1. Gula

Gula merupakan karbohidrat sederhana yang ditemukan dalam banyak makanan dan minuman, seperti buah-buahan, susu, dan produk olahan makanan.

Gula yang seringkali dikhawatirkan adalah gula tambahan yang ditambahkan dalam produk makanan atau minuman, seperti gula pasir atau sirup jagung tinggi fruktosa.

Konsumsi berlebihan gula tambahan telah dikaitkan dengan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

2. Garam

Garam, atau natrium klorida, adalah mineral yang penting untuk kesehatan manusia, tetapi konsumsi berlebihan garam telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung.

Garam sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan untuk meningkatkan rasa, tetapi juga sering ditambahkan dalam makanan olahan sebagai bahan pengawet atau penyedap rasa.

Baca Juga: Takaran Garam Per Hari Jangan Sampai Berlebih, Akibatnya Gak Main-main untuk Ginjal dan Jantung