Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara agar Asam Lambung Cepat Sembuh? Simak 10 Hal yang Wajib Dilakukan

Cara agar asam lambung cepat sembuh

GridHEALTH.idAsam lambung yang tinggi atau gangguan asam lambung dapat menjadi masalah yang mengganggu kesehatan pencernaan seseorang.

Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda sebenarnya dapat membantu mempercepat penyembuhan asam lambung dan mengurangi gejala yang tidak nyaman.

Lantas, bagaimana caranya agar asam lambung cepat sembuh?

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Cara agar asam lambung cepat sembuh secara alami

Melansir dari berbagai sumber, inilah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi asam lambung dan mempercepat proses penyembuhannya.

1. Mengubah pola makan

Salah satu langkah pertama yang penting adalah mengubah pola makan Anda. Hindari makanan pedas, berlemak, dan asam yang dapat memicu produksi asam lambung berlebihan.

Sebaliknya, fokuslah pada makanan yang rendah lemak, mudah dicerna, dan berserat tinggi seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian utuh.

2. Makan dalam porsi kecil tapi frekuensi lebih sering

Daripada makan dalam porsi besar, coba makan dalam porsi yang lebih kecil namun lebih sering. Ini dapat membantu mengurangi beban pada lambung dan mencegah penumpukan asam lambung yang berlebihan.

3. Hindari makan malam terlalu larut

Hindari makan malam terlalu larut, terutama sebelum tidur.

Memberi waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum Anda berbaring dapat membantu mengurangi gejala asam lambung dan meningkatkan kenyamanan saat tidur.

4. Minum air putih yang cukup

Pastikan Anda mengonsumsi cukup air putih setiap hari. Air putih membantu melarutkan asam lambung dan mengurangi iritasi pada lambung.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik, Ini 4 yang Wajib Dilakukan