Find Us On Social Media :

Cuaca Panas di Indonesia, Waspada Bahaya Cuaca Panas dan Langkah Mencegahnya

Ketahui cara mengatasi bahaya cuaca panas.

GridHEALTH.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia, sekitar 63,66% Zona Musim, akan memasuki periode Musim Kemarau dari bulan Mei hingga Agustus 2024.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, menyatakan bahwa seiring dengan masuknya bulan Mei, beberapa wilayah Indonesia telah memasuki awal musim kemarau, sementara wilayah lain masih dalam periode transisi musim atau pancaroba.

Ini menyebabkan potensi cuaca cerah dan panas masih dominan di siang hari pada awal Mei 2024.

Menyimak peristiwa gelombang panas yang terjadi di sebagian wilayah Asia dalam seminggu terakhir, Guswanto menegaskan bahwa fenomena tersebut tidak berkaitan dengan kondisi panas di Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa panas yang terjadi di Indonesia merupakan peristiwa siklus tahunan yang dipicu oleh pergerakan semu matahari dan cuaca cerah di siang hari.

Menurut data BMKG, beberapa wilayah di Indonesia telah mencatat suhu di atas 36°C, seperti Deli Serdang (Sumatera Utara) dengan suhu 37,1°C, Medan (Sumatera Utara) 36,6°C, Kapuas Hulu (Kalimantan Barat) 36,6°C, Sidoarjo (Jawa Timur) 36,6°C, dan Bengkulu 36,6°C.

Cuaca panas yang ekstrem dapat memiliki berbagai dampak negatif pada kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa efek cuaca panas bagi kesehatan:

1. Dehidrasi

Saat cuaca panas, tubuh cenderung kehilangan lebih banyak cairan melalui keringat. Jika tidak tergantikan dengan cukup, dehidrasi dapat terjadi, yang dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, kelelahan, pusing, dan bahkan pingsan.

2. Heat Exhaustion

Ini adalah kondisi yang disebabkan oleh paparan panjang terhadap suhu tinggi dan kelembaban. Gejalanya meliputi kelelahan, mual, muntah, pusing, dan kulit yang lembab dan dingin. Heat exhaustion dapat berkembang menjadi heat stroke jika tidak ditangani dengan cepat.

Baca Juga: Gelombang Panas Terjadi di Asia, Bagaimana Cara Jaga Tubuh Tetap Sehat?