Find Us On Social Media :

Gizi Lengkap Keluarga Sehat, Makanan yang Dipantang untuk Cegah Batu Ginjal

Gizi lengkap keluarga sehat untuk cegah batu ginjal, protein hewani tidak dikonsumsi berlebihan.

GridHEALTH.id - Keluarga pelawak Parto Patrio belum lama ini membagikan kabar tentang kondisi kesehatannya, yang didiagnosis batu ginjal.

Karena penyakit yang diidapnya, Parto dibawa ke rumah sakit dengan ambulans dan menjalani perawatan, hingga harus dioperasi.

Sang istri, Diena Risty, melalui akun Instagramnya mengabarkan kalau kondisi Parto Patrio sudah jauh lebih membaik.

"Alhamdulillah semuanya sudah membaik, terima kasih untuk semua doa doa baik untuk kesehatan @partopatrio dan segala bentuk perhatian dari kalian semuanya. Jaga kesehatan yaa, karena empat sehat, kamu sempurna," tulisnya (25/4/2024).

Apa Itu Batu Ginjal?

Menurut National Kidney Foundation, kejadian batu ginjal umum terjadi. Setiap tahun, setengah juta orang dilarikan ke instalasi gawat darurat (IGD) karena penyakit ini.

Gejala umum yang dirasakan yakni nyeri hebat di punggung bawah, darah dalam urine, mual, muntah, demam dan menggigil, atau urine berbau tidak sedap serta keruh.

Batu ginjal adalah benda keras yang terbuat dari bahan kimia yang terdapat di dalam urine.

Urine memiliki berbagai limbah yang terlarut. Saat limbahnya terlalu banyak dalam terlalu sedikit cairan, kristal mulai terbentuk.

Kristal-kristal ini menarik unsur-unsur lain dan bergabung bersama membentuk padatan yang bertambah besar. Biasanya, bahan kimia ini dikeluarkan melalui urine setelah diproses ginjal.

Senyawa yang membentuk batu ginjal yakni kalsium, oksalat, asam urat, sistin, xantin, dan fosfat.

Dilansir dari Urology Care Foundation, ada beberapa faktor yang mempengaruhi risiko penyakit ini, salah satunya pola makan.

Baca Juga: Gizi Lengkap Keluarga Sehat, Makanan yang Perlu Dikonsumsi Saat Pengobatan Ginjal