Find Us On Social Media :

Risiko Diabetes Kering yang Menurunkan Kualitas Hidup Pengidapnya

Komplikasi dan penanganan diabetes kering.

GridHEALTH.id - Diabetes kering sudah dikenal secara luas oleh masyarakat awam.

Meskipun sebenarnya ini bukan salah satu jenis diabetes, melainkan istilah untuk luka yang muncul dan sulit disembuhkan.

Luka tersebut dapat muncul di seluruh bagian tubuh penyandang diabetes, tapi paling umum di kaki.

Kondisi ini perlu segera ditangani, untuk mengurangi risiko timbulnya komplikasi dan mempengaruhi kualitas hidup pengidapnya.

Komplikasi Diabetes Kering

Dilansir dari berbagai sumber, berbagai masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan dari kondisi ini yang merugikan penyandang diabetes meliputi:

1. Sakit saraf

Dilansir dari Diabetes.org, tidak hanya terasa nyeri kerusakan saraf akibat diabetes juga dapat membuat kehilangan kemampuan merasakan sakit dan sensasi panas atau dingin.

Ini membuat pengidap diabetes sangat mungkin tidak sadar saat ada luka terbuka di tubuhnya dan membuatnya semakin parah, karena terinfeksi.

2. Perubahan kulit

Diabetes kering juga dapat menyebabkan perubahan pada warna kulit penyandangnya, membuatnya kering, terkelupas, dan pecah-pecah.

Komplikasi ini terjadi akibat rusaknya saraf yang membuat kemampuan untuk mengontrol minyak dan kelembapan di kaki hilang.

3. Ulcer di kaki

Ulcer atau luka, paling sering muncul di tumit. Bila terjadi pada dua sisi kaki, biasanya disebabkan oleh penggunaan sepatu yang terlalu sempit.

Membiarkannya, dapat menyebabkan terjadinya infeksi, yang berujung pada hilangnya anggota tubuh.

Baca Juga: Penyebab Kematian Tertinggi Ketiga, Ternyata Ini 4 Faktor Pemicu Diabetes di Indonesia