Find Us On Social Media :

Pengaruh Kelebihan Gula dari Minuman Berpemanis dan Kekurangan Gula Terhadap Prevalensi Stunting

Ketahui dampak kelebihan dan kekurangan gula akan kemungkinan stunting.

GridHEALTH.id - Sebagai orang muda, khususnya perempuan yang suatu hari nanti akan menjadi orang tua, memahami dampak konsumsi gula pada kesehatan sangatlah penting.

Anak-anak adalah investasi masa depan kita, dan memastikan mereka tumbuh dengan sehat menjadi prioritas utama.

Dua ekstrem dalam konsumsi gula, yaitu yang pertama kelebihan dari minuman berpemanis dan yang kedua kekurangan gula akibat pembatasan yang berlebihan, dapat berdampak pada kesehatan.

Lalu bagaimana dampak kedua kondisi tersebut?

Kelebihan Gula dari Minuman Berpemanis

Minuman berpemanis seperti soda, jus kemasan, dan minuman energi sangat populer di kalangan muda. Minuman masa kini seperti bobba, kopi dan sajian minuman bermanis dalam kemasan sangat digandrungi.

Namun, jika kita tidak berhati-hati, konsumsi berlebihan gula dari minuman ini dapat berdampak negatif pada kesehatan anak-anak kita di masa depan.

Beberapa masalah yang mungkin timbul adalah:

1. Obesitas dan Penyakit Metabolik

Kelebihan gula dapat menyebabkan obesitas dan penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2. Anak dari ibu yang memiliki diabetes gestasional atau diabetes tipe 2 memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan, termasuk pola makan dan gaya hidup yang diadopsi anak saat dewasa.

2. Gangguan Pola Makan

Orang yang terbiasa dengan rasa manis berlebihan cenderung menghindari makanan sehat seperti buah dan sayuran. Ini bisa menyebabkan kekurangan nutrisi penting yang diperlukan.

Makanan manis seringkali kurang dalam kandungan mikronutrien esensial seperti zat besi, kalsium, dan folat. Kekurangan nutrisi ini dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan janin selama kehamilan dan menyusui, serta pada pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depan.

Baca Juga: 7 Manfaat Makan Nasi Dingin di Pagi Hari, Jaga Kadar Gula Darah hingga Kolesterol