Find Us On Social Media :

Kasus DBD Diperkirakan Akan Meningkat Saat Musim Kemarau, Ketahui Cara Tepat Mencegahnya

Cara mencegah DBD saat musim kemarau

GridHEALTH.id – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) masih tinggi di Indonesia.

Mengutip dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, hingga minggu ke-17 tahun 2024, tercatat 88.593 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan 621 kasus kematian di Indonesia.

Berdasarkan laporan, dari 456 kabupaten/kota di 34 provinsi, kematian akibat DBD terjadi di 174 kabupaten/kota di 28 provinsi.

Memasuki musim kemarau, masyarakat pun diminta untuk semakin waspada.

Pasalnya, musim kemarau diperkirakan akan meningkatkan frekuensi gigitan nyamuk.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak kemarau akan terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2024.

Pada Juli 2024, kemarau diprediksikan terjadi di sebagian pulau Sumatera, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Kalimantan Barat, dan sebagian Kalimantan Utara.

Sedangkan pada Agustus 2024, kemarau diprediksi terjadi di sebagian Sumatera Selatan, Jawa Timur, sebagian besar pulau Kalimantan, Bali, NTB, NTT, sebagian besar pulau Sulawesi, Maluku, dan sebagian Pulau Papua.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Imran Pambudi menyampaikan, nyamuk akan sering menggigit ketika suhu meningkat saat musim kemarau.

“Jadi, kita dapat penelitian, waktu suhunya 25 derajat Celcius itu nyamuk menggigitnya 5 hari sekali. Tapi, kalau suhunya 20 derajat celcius, nyamuk akan menggigit 2 hari sekali. Ini dapat meningkatkan potensi kasus terjadi saat Juli dan Agustus saat suhu udara tinggi,” kata Direktur dr. Imran Pambudi saat temu media yang dilakukan secara luring di Kantor Kemenkes.

dr. Imran melanjutkan, kasus DBD di Indonesia mengalami pemendekan siklus, yang mengakibatkan peningkatan Incidence Rate (IR) dan penurunan Case Facility Rate (CFR).

Baca Juga: Musim Kemarau dan DBD, Musim Kemarau Meningkatkan Gigitan Nyamuk