Find Us On Social Media :

Kesukaan Orang Indonesia, 8 Makanan Enak Ini Ternyata Mengandung Kolesterol Jahat

Makanan yang mengandung kolesterol jahat

GridHEALTH.id – Kolesterol adalah lemak yang ditemukan dalam darah dan diperlukan oleh tubuh untuk membangun sel-sel yang sehat.

Namun, kadar kolesterol yang tinggi, terutama kolesterol jahat (LDL), dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Ya, beberapa makanan diketahui mengandung kolesterol jahat dalam jumlah tinggi, dan penting untuk membatasi konsumsinya untuk menjaga kesehatan.

Lantas, apa saja makanan yang mengandung kolesterol jahat?

Berikut ini beberapa yang perlu dihindari.

Makanan yang mengandung kolesterol jahat

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa makanan yang mengandung kolesterol jahat yang perlu dihindari atau dibatasi.

1. Daging merah

Daging merah, seperti daging sapi, babi, dan kambing, mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Sebagai alternatif, pilihlah daging tanpa lemak atau gantikan dengan sumber protein lain seperti ikan, ayam tanpa kulit, atau kacang-kacangan.

2. Produk olahan daging

Sosis, bacon, dan hot dog adalah contoh produk olahan daging yang mengandung kolesterol jahat tinggi. Produk ini sering kali mengandung tambahan garam dan pengawet yang tidak sehat.

Mengonsumsi produk olahan daging secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan ayam goreng biasanya dimasak dengan minyak yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh.

Baca Juga: Aman untuk Kesehatan, Ini 7 Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik