Find Us On Social Media :

Konsumsi Jeruk Nipis Ternyata Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit, Begini Cara Menggunakannya

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan jeruk nipis

GridHEALTH.id – Jeruk nipis, buah kecil dengan rasa asam yang khas, tidak hanya digunakan sebagai bahan pelengkap dalam masakan atau minuman, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ya, kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa antioksidan dalam jeruk nipis menjadikannya sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu mengobati berbagai penyakit.

Wah, apa saja ya penyakit yang bisa disembuhkan dengan jeruk nipis? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Manfaat jeruk nipis untuk mengobati berbagai penyakit

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan atau dikurangi gejalanya dengan bantuan jeruk nipis.

1. Batuk dan pilek

Jeruk nipis telah lama dikenal sebagai obat alami untuk batuk dan pilek. Kandungan vitamin C yang tinggi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih kuat melawan infeksi virus penyebab batuk dan pilek.

Caranya, peras satu buah jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit madu atau kecap. Minumlah campuran ini dua kali sehari untuk meredakan gejala batuk dan pilek.

2. Asam urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah yang kemudian mengkristal dan menumpuk di persendian, menyebabkan nyeri.

Jeruk nipis dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah berkat kandungan sitratnya, yang berfungsi mengurangi produksi asam urat.

Cukup konsumsi air perasan jeruk nipis secara teratur setiap pagi untuk membantu mengurangi gejala asam urat.

3. Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Jeruk nipis mengandung flavonoid, senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Rutin mengonsumsi air perasan jeruk nipis setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Jeruk Nipis untuk Mengatasi Asam Urat, Begini Terapinya