Find Us On Social Media :

Kenapa Minum Kopi Tapi Malah Ngantuk? Hati-hati Gangguan Kesehatan Ini

Penyebab minum kopi justru merasa ngantuk

GridHEALTH.id – Kopi dikenal sebagai minuman yang sering diandalkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menghilangkan rasa kantuk.

Namun, tidak sedikit orang yang justru merasa semakin mengantuk setelah minum kopi.

Hal ini tentu membingungkan, mengingat kandungan kafein dalam kopi seharusnya memberikan efek sebaliknya.

Kira-kira apa ya yang bisa menyebabkan hal ini terjadi? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Penyebab minum kopi tapi justru mengantuk

Melansir dari berbagai sumber, inilah beberapa alasan yang mungkin menjelaskan mengapa minum kopi justru membuat Anda mengantuk.

1. Efek rebound kafein

Kafein dalam kopi bekerja dengan cara menghambat adenosin, sebuah neurotransmitter yang mempromosikan rasa kantuk. Dengan menghalangi adenosin, kafein meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Namun, setelah efek kafein mulai memudar, adenosin yang sebelumnya terhalang bisa membanjiri otak.

Ketika ini terjadi, rasa kantuk bisa datang lebih kuat, yang dikenal sebagai "efek rebound." Hal ini menjelaskan mengapa beberapa orang merasa sangat mengantuk setelah efek kafein hilang.

Solusi: Pertimbangkan untuk mengurangi jumlah konsumsi kopi atau menggabungkannya dengan aktivitas yang bisa membantu menjaga kewaspadaan, seperti berjalan kaki atau berolahraga ringan.

2. Konsumsi kafein yang berlebihan

Minum kopi dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan efek sebaliknya, yaitu kelelahan. Kafein yang terlalu banyak bisa overstimulasi sistem saraf, yang pada akhirnya membuat tubuh merasa lelah.

Selain itu, tubuh dapat membangun toleransi terhadap kafein, sehingga dosis yang sama yang dulu membuat Anda terjaga, sekarang justru tidak efektif, atau malah membuat Anda merasa lelah.

Baca Juga: Jangan Asal Minum Agar Tak Kambuh, Ini Dia 7 Jenis Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Urat