Find Us On Social Media :

5 Pilihan Menu Makanan dengan Gizi Lengkap Keluarga Sehat Tanpa Minyak

Menu makanan dengan gizi lengkap keluarga sehat tanpa minyak

GridHEALTH.idMenjaga kesehatan keluarga adalah prioritas utama.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyajikan makanan yang bergizi lengkap keluarga sehat.

Tapi, salah satu tantangan yang sering dihadapi dalam menyiapkan makanan sehat adalah mengurangi penggunaan minyak, yang dapat meningkatkan kadar lemak dan kalori.

Namun, kini Anda tak perlu bingung, sebab ada beberapa menu sehat tanpa minyak yang bisa dicoba  di rumah.

Apa saja menunya? Yuk, coba masak!

Rekomendasi menu bergizi untuk keluarga tanpa minyak

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa rekomendasi menu bergizi untuk keluarga yang dapat disiapkan tanpa menggunakan minyak, namun tetap lezat dan bernutrisi.

1. Sup sayuran

Sup sayuran adalah pilihan ideal untuk makanan sehat tanpa minyak. Gunakan berbagai sayuran seperti wortel, brokoli, kentang, bayam, dan tomat. Anda bisa menambahkan kacang-kacangan atau tahu untuk sumber protein tambahan.

Cukup rebus semua bahan hingga matang dan tambahkan bumbu seperti garam, lada, dan sedikit rempah-rempah seperti oregano atau daun salam untuk rasa yang lebih kaya. Sup sayuran ini tidak hanya lezat tetapi juga kaya serat dan vitamin.

2. Salad buah dan sayur

Salad buah dan sayur adalah pilihan menu segar dan sehat tanpa memerlukan minyak. Kombinasikan sayuran hijau seperti selada, bayam, atau kale dengan buah-buahan segar seperti apel, jeruk, anggur, dan alpukat.

Tambahkan protein seperti kacang almond, biji chia, atau keju rendah lemak untuk rasa dan tekstur yang lebih kompleks.

Untuk dressing, gunakan perasan lemon atau jeruk nipis, yogurt rendah lemak, atau balsamic vinegar. Salad ini kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan keluarga.

Baca Juga: 7 Pilihan Makanan dengan Gizi Lengkap Keluarga Sehat agar Anak Cepat Bicara