Find Us On Social Media :

Apa yang Tidak Bisa Dimakan Saat Asam Lambung? Ini 6 Makanan Pantangan

Apa yang tidak bisa dimakan saat asam lambung?

GridHEALTH.idAsam lambung adalah kondisi di mana cairan lambung yang asam naik kembali ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar di dada atau tenggorokan, yang dikenal sebagai heartburn.

Bagi penderita asam lambung, penting untuk memerhatikan makanan yang dikonsumsi karena beberapa jenis makanan dapat memperburuk kondisi ini.

Lantas, apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat asam lambung naik?

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat asam lambung naik

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung.

1. Makanan pedas

Makanan pedas, seperti sambal, cabai, dan kari, adalah penyebab umum naiknya asam lambung. Makanan ini dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan lambung, sehingga memperparah gejala seperti heartburn dan sakit perut.

Menghindari makanan pedas adalah langkah penting bagi penderita asam lambung. Sebagai gantinya, pilih makanan yang lebih ringan dan tidak mengandung banyak bumbu pedas.

2. Buah-buahan asam

Buah-buahan yang memiliki tingkat keasaman tinggi, seperti jeruk, lemon, tomat, dan anggur, dapat meningkatkan produksi asam di lambung. Konsumsi buah-buahan ini dapat memperburuk gejala asam lambung seperti rasa panas di dada dan perut.

Sebagai gantinya, penderita asam lambung dapat memilih buah yang lebih rendah asam, seperti pisang, melon, dan apel, yang lebih aman untuk lambung.

3. Makanan gorengan

Makanan yang digoreng, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan donat, mengandung banyak lemak yang sulit dicerna oleh tubuh. Lemak ini dapat memicu refluks asam dengan melemahkan katup antara lambung dan kerongkongan.

Untuk menjaga kesehatan lambung, sebaiknya kurangi atau hindari makanan yang digoreng dan pilih metode memasak yang lebih sehat seperti dikukus, dipanggang, atau direbus.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Obat Asam Lambung Alami yang Aman di Perut, Catat Cara Konsumsinya