Find Us On Social Media :

Amankah Berolahraga di Malam Hari untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya

Bolehkah olahraga di malam hari?

GridHEALTH.id – Kesibukan yang padat di pagi hingga sore hari kerap menjadi alasan orang-orang berolahraga di malam hari.

Namun, salah satu yang kerap dipertanyakan adalah apakah aman berolahraga di malam hari.

Agar tidak lagi bingung, berikut ini penjelasan dari dr. Sophia Hage, SpKO. Yuk, simak!

Amankah olahraga di malam hari untuk kesehatan?

Bagi Anda yang sering berolahraga di malam hari, tak perlu khawatir. Sebab, menurut dr. Sophia, olahraga di malam hari boleh-boleh saja dilakukan.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Sebenarnya tidak apa-apa kalau kita memerhatikan kondisi tubuh. Kedua, kita harus mengenal pola tidur kita. Jadi, kalau malam itu kita merasa capek banget, tidak perlu memaksakan diri olahraga malam hari.” jelas dr. Sophia kepada GridHEALTH, Senin (9/9/2024).

“Kalau memang kita sudah terbiasa membangun pola untuk olahraga di malam hari dan tubuh dalam kondisi baik, istirahat baik, tidur cukup, tidak terlalu lelah, sebenarnya tidak masalah untuk olahraga malam.” sambungnya.

Selain memahami kondisi tubuh, durasi tidur juga tidak boleh terabaikan.

dr. Sophia mengingatkan untuk memberi jeda waktu antara jam selesai olahraga dan jam tidur.

“Jadi, yang penting mulai dulu kebiasaannya, kemudian bangun pelan-pelan sambil mencari waktu. Kedua, jangan lupa bahwa jam tidur itu harus diatas 6 jam, atau kalau untuk orang dewasa 7-8 jam sehari. Kalau misalnya kita olahraga jam 7 malam, lalu selesai jam 8, antara jam selesai olahraga dan jam tidur, biasakan jeda 1-2 jam.” ujar dr. Sophia.

“Jeda waktu diperlukan, sebab al ini berguna untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk rileks. Karena kalau tidak, tubuh bisa jadi nanti belum siap untuk rileks, jadi dipaksa tidur pun tidak akan bisa.” pungkas dokter untuk Timnas Panjat Tebing Indonesia ini.

Baca Juga: Segudang Manfaat Olahraga Saat Hamil Trimester Ketiga Bagi Kesehatan Ibu dan Janin