GridHEALTH.id - SATUSEHAT Mobile merupakan aplikasi kesehatan masyarakat yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan berbagai fitur unggulan.
Aplikasi ini terintegrasi dengan SATUSEHAT Platform, memungkinkan pengguna mengakses sertifikat imunisasi anak, vaksinasi selain COVID-19, mencatat informasi kesehatan pribadi, hingga melihat resume rekam medis secara digital.
Meskipun menawarkan banyak manfaat, beberapa pengguna masih mengalami kendala saat mengakses aplikasi ini di ponsel mereka.
Keluhan yang sering muncul meliputi kesulitan verifikasi akun saat aktivasi hingga gagal mengunduh sertifikat vaksinasi.
Menanggapi hal ini, Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji, S.T, M.Si, menyarankan agar pengguna memastikan aplikasi SATUSEHAT Mobile yang digunakan sudah diperbarui ke versi terbaru.
Aplikasi ini bisa diunduh melalui:
1. Android di link ini
2. iOS di link ini
Dalam pembaruan terbaru, berbagai fitur dan performa aplikasi telah ditingkatkan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.
Setiaji menekankan pentingnya menggunakan versi terbaru aplikasi agar pengalaman penggunaan menjadi lebih optimal.
Baca Juga: Semakin Mudah, Kini Akses Layanan Darurat Medis 119 Bisa dari Aplikasi SATUSEHAT Mobile
Solusi Jika Verifikasi Akun Gagal
Bagi pengguna yang mengalami kendala saat verifikasi akun, misalnya e-mail verifikasi tidak masuk berkali-kali, Setiaji menyarankan untuk mengecek folder Spam.
Jika tetap tidak ditemukan, coba gunakan alamat e-mail lain untuk mendaftar.
Beberapa alasan lain mengapa akun tidak bisa didaftarkan antara lain:
1. Data pribadi tidak sesuai
Pastikan Nama, NIK, dan Tanggal Lahir yang dimasukkan sesuai dengan data KTP dan Dukcapil.
Jika ada ketidaksesuaian, data dapat diperbarui di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.
2. Nomor telepon atau e-mail sudah terdaftar
Jika nomor telepon atau e-mail sudah digunakan sebelumnya, gunakan kontak lain untuk registrasi.
3. NIK sudah pernah terdaftar
Jika NIK sudah digunakan untuk registrasi, coba login dengan e-mail atau nomor telepon yang sebelumnya terdaftar.
Baca Juga: Layanan Darurat 119 Kini Lebih Cepat dan Lebih Mudah untuk Diakses, Ini Caranya
Jika lupa, pengguna dapat menghubungi helpdesk@kemkes.go.id atau mengisi formulir aduan di link ini (pilih kategori “Akun”).
Dalam laporan tersebut, pengguna harus menyertakan nomor telepon lama dan baru, serta melampirkan bukti berupa foto diri dengan kartu identitas yang sesuai dengan akun SATUSEHAT Mobile.
Solusi Jika Gagal Mengunduh Sertifikat Vaksinasi
Bagi masyarakat yang mengalami kendala dalam mengunduh sertifikat vaksinasi, Setiaji menyarankan untuk memeriksa beberapa hal berikut:
1. Apakah ada pesan error yang muncul? Jika ada, segera laporkan melalui fitur "Hubungi Kami" di aplikasi.
2. Jika tidak ada pesan error, coba periksa folder Download di ponsel untuk memastikan sertifikat sudah tersimpan.
Source | : | Kemenkes RI |
Penulis | : | David Togatorop |
Editor | : | David Togatorop |
Komentar