Find Us On Social Media :

Cincau, Minuman Favorit Saat Berbuka, Ternyata Banyak Manfaatnya

Ec cincau buatan sendiri untuk berbuka puasa memberikan banyak manfaat.

GridHEALTH.id – Survei sederhana yang pernah dilakukan oleh Tabloid Sajian Sedap, menemukan bahwa di saat berbuka puasa, kebanyakan mereka yang berpuasa lebih mencari sesuatu yang dingin dibandingkan makanan/minuman panas.

Contohnya mencari es campur, puding, atau makanan yang dingin. Mungkin, setelah seharian berpuasa, memasukkan sesuatu yang dingin melewati tenggorokan, dapat lebih terasa “maknyus”.

Baca Juga : Ayah Kandung Nikita Willy Ungkap Putrinya Gemar Minuman Beralkohol Semasa ABG, Lihat Bagaimana Minuman Keras Merusak Tubuh

Nah, bicara tentang minuman dingin, cincau merupakan bahan minuman yang jadi favorit sebagai takjil ketika saat berbuka puasa tiba.

Rasanya yang menyegarkan di tenggorokan membuat minuman ini menjadi favorit bagi banyak orang.

Konon, cincau sendiri merupakan minuman yang cukup dikenal pada beberapa daerah di Asia.

Minuman berbahan cincau ini sangat mudah diperoleh baik dalam bentuk utuh maupun sudah dalam bentuk minuman di dalam kaleng yang mudah diperoleh di toko-toko.

Cincau dibuat dari daun cincau, sejenis pandan, kemudian diperas, untuk diambil airnya. Air ini kemudian mengental, kemudian dicetak seperti kotak, lalu dijual.

Baca Juga : Jangan Sampai Dehidrasi, Begini Cara Menjaga Cairan Tubuh Ketika Berpuasa

Ada tersedia cincau hijau, maupun cincau hitam. Keduanya berasal dari daun cincau, hanya cara pengolahannya saja yang berbeda.