Find Us On Social Media :

Gagal Diet Akibat Metabolisme Melambat, Begini Cara Mengatasinya

Secangkir kopi atau teh di pagi hari dapat mempercepat metabolisme.

GridHEALTH.id -  Metabolisme merupakan istilah untuk berbagai proses kimiawi tubuh yang berfungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup, salah satunya dengan menjaga keseimbangan energi.

Baca Juga: Diet Gagal Akibat 5 Kesalahan Gaya Hidup yang Memperlambat Metabolisme

Salah satu hal yang bisa membedakan bagaimana berat badan antara satu orang dengan lainnya lebih mudah bertambah atau berkurang adalah pada metabolisme.

Proses alami ini membantu tubuh membakar makanan menjadi energi untuk berbagai hal seperti detak jantung, kerja otak, serta bernapas.

Meskipun berlangsung terus-menerus, proses metabolisme tidak berjalan konstan melainkan berproses secara cepat maupun lambat karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, dan hal ini dapat terjadi pada siapa saja.

Jika metabolisme melambat, akibatnya adalah penurunan penggunaan cadangan makanan dan memicu kegemukan.

Asal tahu saja, ada tiga mekanisme metabolisme yang terjadi di tubuh kita: basal metabolic rate (BMR), metabolisme energi untuk aktivitas, dan metabolisme energi untuk mencerna makanan.

BMR memiliki proporsi terbesar di tubuh kita, yaitu sebesar 50-80%, karena mekanisme ini berperan untuk menjaga berbagai fungsi organ dan keseimbangan antara lemak dan otot.

Baca Juga: Waspada, Menurut Studi Pasangan yang Suka Selfie Bareng Ternyata Rentan Perceraian!

Pada umumnya, metabolisme melambat terjadi karena perlambatan pembakaran energi untuk aktivitas, dan mekanisme BMR.