Find Us On Social Media :

Angkat Beban Dinilai Lebih Baik Untuk Mengurangi Lemak Jantung Dibanding Olahraga Aerobik

Olahraga angkat beban dinilai lebih berhasil membakar lemak jantung.

GridHEALTH.id - Orang gemuk yang diwajibkan menghilangkan lemak jantung agar terhindar dari penyakit kardiovaskular ternyata lebih disarankan berolahraga angkat beban dibanding olahraga yang sifatnya aerobik.

Baca Juga: Aturan Berolahraga Bagi Penderita Sakit Jantung, Hitung Denyut Nadi

Dalam studi kecil, para peneliti menentukan bahwa jenis lemak jantung tertentu, jaringan adiposa perikardial, berkurang pada pasien yang melakukan angkat beban, tetapi tidak pada mereka yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh dengan latihan aerobik saja, menurut laporan yang diterbitkan dalam JAMA Cardiology.

Meskipun kedua bentuk latihan ini menghasilkan pengurangan lemak jantung tipe kedua, jaringan adiposa epikardial, yang juga dikaitkan dengan penyakit jantung.

"Kami terkejut dengan temuan ini," kata penulis utama studi ini, Dr. Regitse Hojgaard Christensen, seorang peneliti di Pusat Peradangan dan Metabolisme dan Pusat Penelitian Aktivitas Fisik di Rumah Sakit Universitas Kopenhagen.

Sementara penelitian ini tidak menjelaskan mengapa latihan beban akan memiliki efek yang berbeda dari latihan ketahanan.

"Kami tahu dari penelitian lain bahwa latihan beban adalah stimulus yang lebih kuat untuk meningkatkan massa otot dan meningkatkan metabolisme basal dibandingkan dengan latihan ketahanan.

Baca Juga: Studi: Minum Kopi di Malam Hari Tak Pengaruhi Kualitas Tidur

Tapi kami percaya bahwa peserta yang melakukan latihan beban membakar lebih banyak kalori di siang hari - juga dalam periode tidak aktif - dibandingkan dengan mereka yang hanya terlibat dalam pelatihan bersifat aerobik, "kata Christensen.