Find Us On Social Media :

Makanan Rakyat Murah Meriah, Cuma Makan Nasi Sama Tempe, Lihat Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh

Makan nasi dengan tempe terbukti menyehatkan bagi tubuh.

GridHEALTH.id - Meskipun sering dianggap makanan murah, ketenaran tempe tak pernah surut sebagai camilan atau lauk-pauk.

Baca Juga: Kabar Gembira Untuk Penggemar Tahu Tempe, Selain Kaya Protein Makanan Ini Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Makanan fermentasi dari kacang kedelai ini telah menemani hidup kita sebagai orang Indonesia. Bahkan kuliner manca negara pun gemar dengan makanan ini dengan menyebutnya tempeh.

Rasa khas dari tempe dan struktur yang sangat berbeda dari tahu ini tidak hanya murah dan bikin ketagihan, tapi banyak hal yang bisa bikin kita tercengang dengan kandungan nutrisinya. 

Tak kurang ada 15 kandungan nutrisi, mulai protein, kalsium, antioksidan hingga retinol yang semuanya memberi manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti anti penuaan dini, melawan kanker, membuat mata sehat, hingga menguatkan tulang. Komplet, ya!

Biar lebih mantap memilih tempe sebagai lauk bersama nasi untuk sehari-hari, atau dijadikan camilan, berikut kandungan gizi tempe seperti tertulis dalam buku ahli gizi Darwin Karyadi dan Muhilal, "Kecukupan Gizi yang Dianjurkan" (Penerbit PT Gramedia, 1997). 

1. Kaya sumber protein

Bahkan, saking kayanya, sumber protein tempe melebihi daging. Pun, kandungan nutrisi pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik.

Baca Juga: Awalnya Datang Berobat Dengan Keluhan Batuk Pilek, Balita Noval Akhirnya Tewas Dengan Kulit Melepuh Sekujur Tubuh

Enzim proteolitik dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapt dicerna oleh tubuh.