Find Us On Social Media :

Sering Dilakukan, Kesalahan Meminum Obat yang Bisa Berakibat Fatal

Kesalahan dalam meminum obat dapat berisiko bagi kesehatan.

GridHEALTH.id - Untuk menyembuhkan penyakit yang sedang kita derita, sering kali kita diminta mengkonsumsi  obat secara teratur.

Baca Juga: Ternyata Medina Zein Benar, Wanita Pengidap Bipolar yang Mengonsumsi Obat Rutin Tidak Disarankan Menyusui

Tetapi masih banyak dari kita yang cenderung abai pada tata cara mengkonsumsi obat-obat tersebut, seperti jadwal minum obat atau cara bagaimana meminumnya.

Padahal, pengabaian ini bisa menimbulkan risiko penyakit serius atau bahkan berakibat fatal. Menurut laporan WHO, lebih dari 1,5 juta orang telah salah minum obat setiap tahunnya. Sebagian besar yang salah minum obat tersebut adalah kelompok warga lanjut usia.

Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat mengkomsumsi obat yang perlu kita ketahui seperti dikutip dari fimela.com, agar kita tak perlu ikut-ikutan melakukannya;

1. Mencampur obat-obat yang akan diminum

Pada sebagian orang dengan masalah kesehatan tertentu, obat yang diresepkan dokter sering kali lebih dari satu jenis.

Masalahnya, banyak orang yang cenderung terlalu terburu-buru dan langsung mencampur beberapa obat sekaligus. Namun hal ini rupanya sangat berbahaya dan tidak dianjurkan.

Baca Juga: Aturan Keselamatan Baru Transportasi di Malaysia yang Patut Ditiru, Penumpang Duduk di Belakang Tak Pakai Seat Belt Denda Setara 1 Juta Rupiah!

Minum dua macam obat yang memiliki khasiat bertolak belakang bisa membuat kita malah sakit. Interaksi dari dua obat tersebut dalam tubuh dapat mengurangi efektivitasnya, dan bahkan dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan.