Find Us On Social Media :

Turunkan Tekanan Darah Tinggi Lindungi Jantung, Tempe Bisa Diandalkan

Tempe harganya murah dan enak, manfaatnya turunkan tekanan darah juga bisa lindungi jantung.

GridHEALTH.id -Tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, termasuk gangguan jantung, masih menjadi penyakit mematikan paling menakutkan.

Hal ini tidak saja berlaku di Indonesia, tapi di seluruh dunia.

BACA JUGA: Kebiasaan Tak Sarapan Pagi Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes

Tekanan darah tinggi dan penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan hingga saat ini.

Tekanan darah tinggi alias hipertensi tidak bisa dianggap remeh.

Sebab tekanan darah tinggi berdampak pada aneka gangguan kesehatan, misalnya stroke, serangan jantung, gagal ginjal, pecahnya pembuluh darah arteri, hingga gangguan pada mata yang disebut retinopati hipertensif.

“Tekanan darah tinggi atau hipertensi sekarang jadi masalah utama kita semua, tidak hanya di Indonesia tapi di dunia, karena hipertensi ini merupakan salah satu pintu masuk atau faktor risiko penyakit seperti jantung, gagal ginjal, diabetes, stroke,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PPTM) Kemenkes RI, Cut Putri Arianie dalam temu media Hari Hipertensi Dunia (17/05) di Jakarta.

BACA JUGA: Deteksi Dini Penyakit Jantung Bawaan Hindari Kematian Bayi Baru Lahir

Darah tinggi atau hipertensi, untuk diketahui, dapat terjadi ketika tekanan darah yang mengalir di dalam tubuh kita menjadi lebih tinggi dan diatas tekanan darah normal yang dianjurkan.

Tekanan darah yang normal pada manusia adalah berkisar pada angka 120–140 mmHg, untuk kisaran besaran yang di atas (sistolik).