Find Us On Social Media :

Tekanan Darah Tinggi di Pagi Hari Mengapa Berbahaya? Ini Alasannya

Lakukan pengukuran darah di pagi hari sesudah bangun tidur untuk mencegah gangguan kesehatan yang lebih serius seperti stroke dan penyakit jantung.

GridHEALTH.idTekanan darah bisa berubah-ubah setiap saat, namun tekanan darah tinggi di pagi hari bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Kondisi-kondisi berbahaya seperti itu seringkali terjadi di pagi hari, ketika tekanan darah meningkat.

Sebelumnya perl diketahui bahwa tekanan darah adalah ukuran kekuatan jantung ketika memompa darah ke seluruh tubuh.

Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi tekanan darah, di antaranya stres dan kecemasan, aktivitas fisik, bahkan makanan.

Setiap alat pengukur tekanan darah hanya menunjukkan dua angka. Angka yang di atas merupakan tekanan darah sistolik, yaitu tekanan darah ketika jantung berkontraksi.

Angka yang di bawah adalah tekanan darah diastolik, yaitu pengukuran tekanan darah ketika jantung sedang rileks.

Alat pengecek tekanan darah menggunakan pengukuran mm HG untuk mengukur tekanan di dalam pembuluh darah. Tekanan darah yang normal biasanya kurang dari 120/80 mm HG.

Baca Juga: Jangan Suka Berlama-lama di Kantor, Bahaya Hipertensi Mengintai

Baca Juga: Foto Rontgen Paru-paru Korban Tewas Covid-19 Bikin Syok, Ternyata Begini Penampakannya

Jika hasil pengukuran menunjukkan angka di antara 120/80 mm Hg dan 139/89 mm Hg, maka ada indikasi bahwa kita memiliki risiko terkena hipertensi. Kalau hasilnya menunjukkan angka di atas 140/90 mm HG, maka kita sudah pasti menderita hipertensi.