Find Us On Social Media :

Puasa Ramadan, Imunitas Tubuh Bisa Meningkat Untuk Hadapi Virus Corona

Puasa Ramadan dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh melawan virus.

GridHEALTH.id – Berpuasa di bulan Ramadan tahun ini berbeda dari sebelumnya. Betapa tidak, di tengah pandemi global Covid-19, PSBB dan isolasi mandiri, masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga asupan makanan agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Imunitas tubuh penting untuk menghalau berbagai penyakit, juga virus corona jenis SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19.

Tetapi sejumlah orang masih khawatir bahwa imunitas tubuh orang yang berpuasa bisa turun sehingga membuatnya rentan terpapar  virus corona penyebab Covid-19.

Asal tahu saja,  imunitas atau kekebalan tubuh merupakan sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor.

Fungsi dari sistem imun adalah melindungi tubuh dari invasi penyebab penyakit, menghancurkan dan menghilangkan mikroorganisme atau substansi asing seperti bakteri, parasit, jamur, virus yang masuk ke dalam tubuh.

Sistem imun juga menghilangkan jaringan atau sel yang mati atau rusak untuk perbaikan jaringan, serta mengenali dan menghilangkan sel yang abnormal.

Baca Juga: Pasien Diabetes yang Puasa Rentan Imunitasnya Menurun, Ini Makanan yang Dianjurkan Agar Gula Darah Tetap Normal

Baca Juga: Gugus Tugas Covid-19: 'Indonesia Belum Aman Sampai Vaksin Ditemukan'

Di saat puasa, dengan jam makan yang bergeser, masyarakat tak perlu khawatir akan turunnya imunitas tubuh. Hal itu diungkapkan oleh dr Hj Vivien Maryam Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital (sebelumnya RS Awal Bros) Tangerang.