Find Us On Social Media :

30 Hari Jalani Puasa Ramadan, Ini Manfaat yang Langsung Didapatkan

Puasa menawarkan banyak manfaat untuk tubuh, apa saja?

GridHEALTH.id - 30 Hari Jalani Puasa Ramadan, Ini Manfaat yang Langsung Didapatkan. Percaya?

Selama menjalankan ibadah puasa, kita tidak akan mendapatkan asupan makanan maupun cairan apapun selama lebih dari 12 jam.

Di awal menjalankan puasa, mungkin tubuh akan kesulitan menahan lapar dan haus, terlebih jika diiringi dengan aktivitas yang berat. Namun, seiring berjalannya waktu tubuh akan terbiasa dengan puasa dan menjadi kuat dalam menahan lapar dan haus, meski dalam waktu lebih dari 12 jam.

Baca Juga: Puasa Ramadan Terbukti Bermanfaat Bagi yang Punya Masalah Kulit

Malah dalam menjalankan puasa, bukan cuma rasa haus dan lapar yang didapat tetapi juga kita akan mendapatkan berbagai manfaat puasa, seperti pahala dan dihapus dosanya.

Puasa Ramadhan tidak hanya bermanfaat secara spiritual tetapi juga bermanfaat secara fisik, psikologis, sosial, dan kesehatan.

Salah satu studi tahun 2012 yang terbit dalam Journal of Community Medicine & Health Education, meneliti tentang perilaku psiko-sosial dan manfaat kesehatan dari puasa islam selama bulan ramadhan.

Baca Juga: Ini Kunci Dapatkan Manfaat Puasa Bagi Penderita Maag, Penasaran?

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan adanya efek fisiologis dari puasa termasuk menurunkan gula darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah sistolik.