Find Us On Social Media :

Studi : Ternyata Virus Corona Bisa Tertinggal di Sarung Bantal

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 27 Mei 2020 | 10:35 WIB

Sarung bantal dan sprei memiliki kontak yang lama dengan pasien Covid-19, sehingga mudah menjadi media virus.

GridHEALTH.id - Berbagai penelitian tentang virus corona terus dilakukan. Mulai asal-muasal virus, cara penyebaran, bagaimana mencegah, hingga upaya penemuan vaksin terus dilakukan.

Sebabnya, virus baru dari gen corona yang sekarang diberi nama SARS-CoV-2 ini daya tular dan membunuhnya sungguh luar biasa.

Update terakhir yang tercatat dari seluruh dunia dikutip dari worldmeters.com per hari ini (27/05/20), ada 5.678.395 orang terinfeksi, meninggal 351.666, dan yang sembuh 2.426.514.

Baru-baru ini, kelompok peneliti China melaporkan deteksi RNA dari SARS-CoV-2 (virus penyebab Covid-19) pada permukaan benda di kamar hotel yang digunakan untuk karantina pasien Covid-19 tanpa gejala. Penelitian tersebut diterbitkan dalam Journal of Emerging Infectious Diseases.

Dilansir dari Medical Xpress, para peneliti menemukan SARS-CoV-2 RNA pada 8 dari 22 permukaan (36%) dan tempat tidur di sampel dua kamar hotel setelah dua pasien tanpa gejala dikonfirmasi terinfeksi Covid-19. 

Pasien itu adalah mahasiswa China yang kembali ke China setelah belajar di luar negeri pada 19 dan 20 Maret.

Baca Juga: Temuan Baru, Pasien Covid-19 Tidak Dapat Menginfeksi Orang Lain Setelah 11 Hari Walau Dinyatakan Positif

Baca Juga: Pelonggaran PSBB Terus Digaungkan, Ini 13 Protokol Kesehatan Khusus Karyawan Setelah Usai WFH

Meskipun mereka tidak menunjukkan gejala, mereka harus dikarantina di hotel selama 14 hari dan dinyatakan positif Covid-19 pada RT-PCR karantina.