Find Us On Social Media :

Hati-hati, Ternyata Orang Kurus Bisa Kena Diabetes, Ini Gejalanya

Orang kurus juga bisa kena diabetes bila tak memerhatikan asupan makanan yang sehat.

GridHEALTH.id -  Penyakit diabetes sering diidentikkan dengan orang gemuk, dan memang benar sebagian besar penderitanya memang bertubuh gemuk mengingat ada kaitannya antara obesitas dengan diabetes.

Tapi bukan berarti orang kurus boleh menganggap dirinya tidak akan terkena diabetes, sehingga terlalu santai dan tidak memerhatikan gaya hidupnya.

Padahal, orang kurus bisa kena diabetes alias punya kadar gula darah tinggi. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan American Diabetes Association pada 2017 di Amerika Serikat menghasilkan temuan, 10%-15% penderita diabetes tipe 2 adalah orang dengan berat badan sehat.

Dikutip dari World Journal of Diabetes, orang kurus bisa kena diabetes karena mereka tidak memproduksi insulin yang cukup atau tidak memiliki respons insulin yang baik.

Penyebab lain orang kurus bisa kena diabetes karena otot yang mereka miliki kemungkinan banyak mengandung lemak.

Sejauh ini memang belum diketahui dengan pasti apa penyebab orang kurus bisa kena diabete. Yang diketahui hanyalah sejumlah faktor risikonya.

Baca Juga: Demi Cegah Komplikasi, Ini 5 Minuman Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Baca Juga: Studi: Ibu Hamil Terinfeksi Virus Corona Berpotensi Alami Pneumonia

Untuk diketahui, gemuk dan kurus tidak bisa dilihat hanya dari penampakan seseorang. Indeks massa tubuh adalah alat yang akurat untuk mengukur apakah kita normal atau terlalu kurus.