Find Us On Social Media :

Padahal Bisa Gratis Diperoleh Dari Sinar Matahari, Ini Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D yang Perlu Diwaspadai

Manfaatkan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D, sebab bila kekurangan vitamin ini dapat berakibat pada berbagai masalah kesehatan.

GridHEALTH.id - Vitamin D dikenal sebagai vitamin sinar matahari karena bisa kita dapatkan secara gratis hanya dengan rutin berjemur di pagi hari. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan kaya vitamin D dan suplemen.

Tubuh manusia memang memerlukan vitamin D. Pasalnya, vitamin D berfungsi untuk menyerap kalsium dan fosfor di dalam tulang, menguatkan hubungan antar sel, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Masalahnya, banyak yang tidak menyadari bahwa tubuhnya kekurangan vitamin D hingga tanda-tanda ini muncul, seperti dikutip dari nakita.grid.id;

1. Sering merasa lelah

Kelelahan dan kelemahan sering kali dianggap karena kita terlalu sibuk atau kurang tidur. Ternyata kekurangan vitamin D dalam tubuh juga memengaruhinya.

Sebuah penelitian mengamati efek suplementasi vitamin D pada pasien dengan kelelahan. Pasien tersebut menunjukkan penurunan gejala kelelahan yang signifikan setelah normalisasi kadar vitamin D.

Baca Juga: Atasi Tulang Lemah Dengan Kalsium dan Vitamin D

Baca Juga: Dokter Ini Buktikan Pakai 6 Masker Sekaligus Tak Bikin Napas Sesak

2. Mengalami kecemasan dan depresi

Vitamin D adalah vitamin unik yang memengaruhi banyak bagian tubuh kita, termasuk otak. Setelah vitamin dikonsumsi oleh makanan atau disintesis di kulit kita, ia melepaskan neurotransmitter seperti dopamine dan serotonin yang mempengaruhi fungsi otak.

Menurut para ilmuwan, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kecemasan, depresi dan bahkan dapat dikaitkan dengan penyakit mental termasuk skizofrenia.