Find Us On Social Media :

Luhut Panjaitan Ngaku Pemerintah Ingin Izinkan Dokter Asing Boleh Praktik di Indonesia, Tompi: ' Yang Diimport Alatnya Saja'

Luhut menyebut, pemerintah Indonesia ingin memberi izin dokter asing berpraktik di sini, dokter Tompi menjawab cukup alatnya saja yang diimpor.

 

GridHEALTH.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Luhut Panjaitan mengatakan pemerintah bakal mempermudah dokter spesialis asing masuk ke Indonesia.

Rencana tersebut dimaksudkan agar masyarakat tak perlu pergi ke negara lain untuk berobat. 

Dikatakan Luhut, rencana tersebut menyusul wacana pemerintah yang akan membangun rumah sakit internasional. 

"Kami sudah pertimbangkan visa itu untuk orang-orang spesifik, kerjanya, saya kira enggak perlu (ribet). Dan kemudian boleh ada multiple visa buat spesifik orang-orang yang kita butuhkan untuk kegiatan dalam negeri," kata Luhut dalam webinar yang digelar Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dikutip dari Antara (13/08/20200)

Selain itu, Luhut menjelaskan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui rencana itu. Nantinya, para dokter yang memiliki keahlian khusus akan bisa praktik dan melakukan transfer teknologi dengan sesama dokter. 

"Presiden (Jokowi) sudah setuju kami akan buka RS internasional. Jadi, dokter-dokter yang kelas 1 bisa praktek dan transfer teknologi dengan dokter kita sehingga orang kita tidak habiskan (uang) untuk pengobatan keluar negeri," ujarnya. 

Baca Juga: Akibat Banyak Anggotanya yang Wafat Gara-gara Covid-19, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dihujat Warganet, Padahal Tenaga Medis Ini Banyak Tertular dari Pasien yang Tak Jujur

Baca Juga: Jenazah Korban Covid-19 Terus Berdatangan, Petugas Makam Mulai Kelelahan, 'Kami Juga Belum Terima Insentif'

"Itu kita ingin belanjakan di dalam negeri, Rumah sakit pun kita ingin engage (terikat) dengan rumah sakit internasional seperti Mayo, Johns Hopkins atau rumah sakit terkenal lainnya, dan kita bikin di Bali," ujarnya.