Find Us On Social Media :

Kondisi Prediabetes Bisa Menjadi Diabetes Bila Tidak Ditangani Dengan Cepat dan Tepat

Prediabetes dapat berubah menjadi diabetes tipe 2 bila gaya hidup tidak diubah dan ditangani dengan benar.

GridHEALTH.id - Prediabetes adalah suatu kondisi dimana terjadi kenaikan kadar gula darah lebih dari nilai normal, tapi nilainya belum cukup tinggi untuk dikatakan sebagai diabetes.

Prediabetes juga dikenal sebagai ‘daerah abu-abu’ antara nilai gula darah normal dan diabetes. Prediabetes bila tidak ditangani dengan tepat akan berkembang menjadi diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Sesuai namanya, prediabetes merupakan tahapan yang dilalui sebelum fase diabetes. Kadar gula darah seseorang pada tahap ini berkisar antara 100 mg/dL hingga 125 mg/dL (dengan cek gula darah puasa).

Prediabetes bisa sembuh, berbeda dengan diabetes yang hingga saat ini dinyatakan belum dapat disembuhkan. 

Fase prediabetes dipicu antara lain oleh pola makan sehari-hari yang tinggi gula, tinggi kalori, tinggi lemak, dan kurang serat. Jarang bergerak dan berolahraga juga menjadi faktor penyebab tambahan.

Dikutip dari Klinik Diabetes Nusantara, prediabetes sering tidak bergejala, tetapi kadang-kadang memiliki gejala yang sama seperti gejala diabetes.

Baca Juga: Makan Malam Lebih Awal Bantu Bakar Lemak dan Turunkan Gula Darah

Baca Juga: Banyak Minum Bisa Merusak Ginjal? Simak Faktanya dari Ahli Kesehatan

 

Seseorang di fase prediabetes mulai mengalami resistensi insulin, sehingga kadar gula dalam aliran darah meningkat. Insulin adalah hormon yang membantu metabolisme gula.