Find Us On Social Media :

Aneka Keluhan di Trimester 1 Kehamilan, Dari Kepala Pusing Hingga Sering Muntah

Kehamilan trimester 1 seringkali disertai keluhan mual dan muntah di pagi hari (morning sickness).

 

GridHEALTH.id - Setelah mendapat kabar gembira bahwa kehamilan benar terjadi oleh pemeriksaan laboratorium dan oleh dokter, bagi ibu terutama yang pertama kali mengalami kehamilan mungkin perlu bersiap menghadapi 'gangguan kehamilan' yang muncul di trimester satu.

Ada yang mengalami, tetapi mungkin ada juga yang tidak. "Tidak semuanya sama, ada ibu hamil yang tidak mengalami, ada yang mengalami tapi sebagian, ada juga yang menghadapi aneka keluhan," kata dr. Muhammad Fadli, Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dalam Webinar bertema "Keluhan pada Masa Kehamilan" yang dikutip dari nakita.grid.id.

Dokter Fadli mengatakan keluhan setiap orang berbeda-beda. "Namun ada baiknya ibu hamil mengetahui batasan mana keluhan yang masih wajar dan yang harus mendapatkan penanganan dokter," kata Dokter Fadli.

Dokter Fadli mengatakan pada saat dinyatakan hamil, metabolisme basal, curah jantung, volume darah, pernapasan, dan fungsi ginjal si ibu meningkat. Itu sebabnya bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Baca Juga: Ibu Dengan Rahim Transplantasi Pertama Melahirkan Bayi Sehat di Turki

Baca Juga: Uang dan Pekerjaan, Ini Alasan Orang Menekan Tombol Alarm Agar Bisa Bangun di Pagi Hari

Menurutnya, keluhan yang biasanya muncul pada ibu hamil di trimester satu (I) umumnya adalah;

1. Kram perut bawah dan spotting

Ketika sel terlur "menancap" dalam endometrium maka dimulailah proses kehamilan. Kemudian terjadi implantasi dan pada beberapa ibu hamil mengalami pendarahan atau spotting.