Find Us On Social Media :

Ada 6 Jenis Sayuran yang Tidak Dianjurkan Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Kentang, ubi, dan jagung termasuk sayuran yang tidak disarankan untuk penderita diabetes karena indeks glikemik yang tinggi.

GridHEALTH.id - Memang benar, agar tubuh tetap sehat kita dianjurkan banyak makan sayur karena kandungan vitamin dan seratnya.

Namun, meski tergolong tetap menyehatkan, tak semua sayur boleh disantap oleh mereka yang menderita diabetes.

Alasannya, karena sayuran ini secara tidak langsung memiliki kadar gula yang cukup tinggi atau biasa disebut indeks glikemik.

Gula tersebut bisa terlihat pada rasa sayuran yang manis atau juga pada sayuran berpati yang biasanya bercita rasa manis. Pati sebaiknya dihindari karena akan berubah menjadi gula nantinya. 

Berikut adalah 6 sayuran yang sebenarnya tetap boleh dilakukan tapi dalam jumlah yang sedikit dan frekuensi yang dibatasi;

1. Kentang 

Sayuran yang tumbuh di dalam tanah umumnya punya indeks glikemik tinggi yang bisa mengakibatkan kadar gula darah naik. Kentang harus dihindari karena juga merupakan sayuran berpati. 

Baca Juga: Deteksi Dini Diabetes Pada Bayi Mengapa Penting? Ini Kata Ahli

Baca Juga: Dikiranya Sama Dengan Hand Sanitizer yang Mengandung Alkohol, Ada yang Minum Cap Tikus Untuk Enyahkan Virus Corona!

2. Kacang

Kacang memang tidak terasa manis, tapi tergolong makanan berpati. Karena itu lebih baik dikonsumsi dalam porsi tertentu dengan cara direbus atau dipanggang.