Find Us On Social Media :

Orang Pendek Rentan Terkena Gangguan Kesehatan, Ini Dia Daftar Penyakitnya

Para pakar kesehatan menyebut orang dengan tubuh pendek lebih rentan terserang beberapa penyakit.

GridHEALTH.id - Ukuran tinggi badan bukan hanya berkaitan dengan penampilan. Ukuran tinggi badang ternyata juga berpengaruh dengan kesehatan seseorang.

Para pakar kesehatan menyebut orang dengan tubuh pendek lebih rentan terserang beberapa penyakit.

Sebabnya, para ahli kesehatan menyebut ukuran tinggi badan dapat mempengaruhi beberapa sistem yang ada dalam tubuh manusia, termasuk metabolisme tubuh, yang berdampak pada risiko munculnya sejumlah penyakit.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa masalah kesehatan yang lebih rentan dialami oleh mereka pemilik ukuran tubuh lebih pendek. Berikut ini penjelasannya;

1. Lebih berisiko terkena diabetes

Beberapa penelitian yang dipublikasikan Jurnal Diabetologia, jurnal kesehatan yang diterbitkan the European Association for the Study of Diabetes (EASD) Inggris, menyatakan perbedaan tinggi badan hingga 10 cm saja dapat mempengaruhi risiko diabetes.

Baca Juga: Salah Pola Makan di Usia Remaja, Berisiko Anaknya Kelak Kurang Gizi dan Stunting

Baca Juga: Kemenkes : Sudah Divaksin Tak Ada Jaminan Bisa Terbebas Covid-19

2. Lebih berisiko terkena penyakit paru

Menurut sebuah penelitian, orang dengan tubuh pendek mungkin punya masalah dengan paru-parunya. Sehingga, risiko terkena penyakit paru-paru akan meningkat.

Oleh karena itu, orang yang berbadan pendek sebaiknya rutin melakukan olahraga, setiap harinya aktif bergerak, berhenti merokok, dan konsumsi makanan sehat.