Find Us On Social Media :

Hati-hati Bila Punya Keturunan Diabetes, Ini yang Harus Dilakukan

Sejumlah penelitian menunjukkan, faktor genetik punya peran terjadinya penyakit keturunan diabetes, tepatnya diabetes tipe 2 pada seseorang.

 

GridHEALTH.id - Bagi yang mempunyai keturunan diabetes atau memiliki anggota keluarga yang menyandang diabetes, sebaiknya perlu berhati-hati. Sebabnya hal ini bisa meningkatkan peluang kita terkena penyakit diabetes.

Penting diketahui, khususnya diabetes melitus tipe 2, memiliki hubungan yang sangat erat dengan riwayat dan keturunan keluarga, dibandingkan dengan diabetes tipe 1.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik berperan penting dalam terjadinya penyakit keturunan diabetes, tepatnya diabetes tipe 2 pada seseorang.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko anak terkena diabetes lebih besar saat ibunya menyandang diabetes.

Sedangkan, jika kedua orangtuanya menyandang diabetes maka risikonya sebesar 50%. Dan apabila kita mempunyai saudara kembar yang mengidap diabetes, risikonya dapat mencapai 75%.

Jika menyandang diabetes tipe 2, risiko anak terkena diabetes akan muncul pada usia yang sama seperti saat kita terdiagnosis penyakit tersebut.

Baca Juga: Studi: Virus Corona Penyebab Covid-19 Bisa Timbulkan Diabetes

Baca Juga: Fakta Kaitan Stres dan Kanker, Ternyata Memang Tak Main-main

Apabila kita didiagnosis sebelum usia 50 tahun, anak memiliki peluang 1:7 mengalami diabetes tipe 2; sedangkan yang didiagnosis setelah berusia 50 tahun, anak memiliki peluang 1:13.