Find Us On Social Media :

4 Macam Gangguan Haid yang Perlu Diwaspadai, Ada yang Indikasi Kanker

Terdapat beberapa macam gangguan haid yang bisa dialami oleh para wanita. Ada yang harus diwaspadai.

GridHEALTH.id - Haid  atau menstruasi adalah siklus wajar bagi setiap wanita  yang memiliki kondisi kesehatan normal.

Tetapi, pada saat haid, ada beberapa gangguan atau perubahan keadaan yang terjadi pada saat menstruasi tersebut yang  bisa berujung fatal apabila tidak diwaspadai.

Melansir Buku Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi 2 (2009) oleh dr. Ida Ayu Chandranita Manuaba, Sp.OG, dkk., terdapat beberapa macam gangguan haid yang bisa dialami oleh para wanita. Berikut jenis gangguan haid dan penjelasannya:

1. Perdarahan di luar siklus haid

Perdarahan di luar siklus haid dapat disebut juga sebagai metroragia. Perdarahan ini dapat disebabkan oleh keadaan yang bersifat hormonal atau kelainan anatomis.

Pada kelainan hormonal, terjadi gangguan poros hipotalamus-hipofise, ovarium atau indung telur, dan rangsangan estrogen dan progesteron.

Kelainan ini memiliki bentuk perdarahan di luar menstruasi, bentuknya bercak, terjadi terus menerus atau berkepanjangan.

Baca Juga: Susah Tidur Jadi Keluhan Menjelang Haid, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca Juga: Begadang Hingga Kurang Tidur Bisa Picu Meningkatnya Tekanan Darah

Pengobatan terhadap kelainan ini pada remaja (gadis) dengan pengaturan secara hormonal, sedangkan pada wanita menikah atau sudah mempunyai anak dengan memeriksa alat kelamin dan bila perlu dilakukan kuretase serta pemeriksaan patologi untuk memastikannya.