Find Us On Social Media :

Gelombang Kemunculan Kembali Covid-19 di Hampir Semua Negara Munculkan Pertanyaan, 'Berapa Lama Kita Bisa Berada di Dekat Seseorang dengan Covid-19 Sebelum Kita Terinfeksi?

Seorang pasien yang bernapas di bawah ventilasi tutup kepala CPAP (Continuous Positive Air Pressure) oksigen berbicara dengan dokter di unit Covid-19 sub-intensif Rumah Sakit Poliklinik Tor Vergata, di Roma.

GridHEALTH.id - Tidak adanya tanda-tanda penurunan kasus Covid-19 di hampir semua negara, dan belum tampaknya prediksi kapan virus corona penyebab Covid-19 akan berakhir, kembali memunculkan pertanyaan awam.

Sebenarnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tertular virus corona jika kitaberada di sekitar seseorang yang terinfeksi? Sayangnya, tidak ada seorang ahli pun yang bisa menjawab soal waktu ini.

Tetapi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) A.S. baru-baru ini merevisi cara mendefinisikan kontak dekat, pelacak kontak orang melacak dan menyarankan untuk karantina dan menjalani tes.

Sebelumnya, kontak dekat adalah siapa saja yang menghabiskan setidaknya 15 menit dalam jarak enam kaki (180 sentimeter) dari seseorang yang dipastikan mengidap Covid-19.

Sekarang, 15 menit itu tidak perlu berturut-turut, pertemuan intens, atau setiap hari . Sebaliknya, kontak dekat berisiko adalah siapa saja yang berada dalam jarak enam kaki dari orang yang terinfeksi selama minimal 15 menit dalam periode 24 jam, sudah bisa terinfeksi.

Mengapa aturan berubah? Pedoman tersebut mengikuti rilis sebuah penelitian yang menunjukkan bagaimana petugas lembaga pemasyarakatan di Vermont, Amerika Serikat dinyatakan positif Covid-19 setelah beberapa interaksi singkat dengan enam narapidana yang tidak memiliki gejala.

Baca Juga: Memilih Kontrasepsi yang Tepat di Saat Masih Pandemi Virus Corona

Baca Juga: Curiga Anak Terlambat Bicara? Ini Cara Mendeteksi dan Menstimulasi

Dalam shift delapan jam, karyawan tersebut mengalami 22 pertemuan dengan narapidana selama total 17 menit.