Find Us On Social Media :

Haid Membanjir Bisa Menyebabkan Anemia, Ini Cara Mengatasinya

Faktor risiko anemia defisiensi besi di kalangan wanita termasuk menstruasi yang berat (membanjir).

 

GridHEALTH.id - Anemia dapat dipengaruhi oleh haid yang banyak. Anemia mempengaruhi sel darah merah dan hemoglobin. Padahal haemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke semua jaringan dan organ di tubuh.

Penyebab paling umum dari anemia adalah kekurangan zat besi, yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hemoglobin.

Anemia memiliki beberapa kemungkinan penyebab, salah satunya adalah haid atau menstruasi yang berat.

Anemia adalah kelainan darah yang paling umum terjadi di seluruh dunia. Ini bisa menjadi kondisi sementara atau jangka panjang, dan gejalanya bisa bervariasi tergantung pada jenis anemia yang dialami dan seberapa parahnya.

Jika kita menderita anemia, berarti kita tidak memiliki cukup sel darah merah dan hemoglobin untuk membawa oksigen yang dibutuhkan ke semua jaringan dan organ di tubuh.

Hemoglobin adalah protein yang diproduksi oleh sumsum tulang dan disimpan dalam sel darah merah.Tugasnya adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke setiap bagian tubuh  melalui pembuluh darah.

Baca Juga: 4 Penyebab Menstruasi Lama yang Sering Bikin Wanita Menderita

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Semangka Aman Dikonsumsi Penyandang Diabetes

Baca Juga: Gelombang Kemunculan Kembali Covid-19 di Hampir Semua Negara Munculkan Pertanyaan, 'Berapa Lama Kita Bisa Berada di Dekat Seseorang dengan Covid-19 Sebelum Kita Terinfeksi?

Anemia biasanya memiliki tiga penyebab utama yaitu kehilangan darah, produksi sel darah merah yang tidak mencukupi, dan tingkat kerusakan sel darah merah yang tinggi.